top of page

Rifan Financindo - Gubernur BI Yakin Rupiah Menguat ke 15 Ribu Per Dolar AS di Akhir Tahun


RIFAN FINANCINDO BANDUNG - Bank Indonesia (BI) semakin percaya diri nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bisa menguat ke posisi 15 ribu per USD pada akhir tahun ini.


Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, kepercayaan diri itu terbangun lantara kurs rupiah dalam beberapa hari terakhir terus bergerak menguat


Alhamdulillah nilai tukar rupiah terus menguat. Dalam beberapa hari terakhir menguat, bahkan hari ini sejak awal trading dibuka itu diperdagangkan Rp 16.200, sekarang ini terakhir di Rp 16.020 (per USD)," ujarnya dalam sesi teleconference.


Bahkan tadi dalam bid/offer ada juga yang kemudian bertransaksi di Rp 15.920 (per USD). itu menunjukan bahwa Alhamdulillah berbagai ikhtiar kita diberikan rahmat Allah sehingga rupiah bergerak stabil, bahkan menguat," dia menambahkan.


Perry megaku baru saja mendapat informasi di pasar bahwa rupiah terakhir ditransaksikan di level Rp 15.990 per USD pada perdagangan di interbank., ini menunjukan nilai tukar rupiah akan bergerak stabil dan menguat ke arah Rp 15 ribu di akhir tahun," ucap Perry.


Namun begitu, ia menyatakan pihak bank sentral akan terus mengukur secara fundamental, baik dari sisi inflasi, defisit transaksi berjalan, hingga suku bunga dalam dan luar negeri.


"Nilai tukar rupiah saat ini masih undervalue. Level yang sekarang ini memang karena risiko di pasar keuangan global yang masih tinggi meski membaik," tukas Perry - RIFAN FINANCINDO



Sumber : liputan6.com

Featured Posts
Recent Posts
Search By Tags
Connect
  • Google+ Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Twitter Social Icon
bottom of page