top of page

Rifan Financindo - Bursa Saham Eropa Berbalik Hijau, Wall Street Bakal Menyusul



RIFAN FINANCINDO BANDUNG - Bursa saham Eropa berhasil berbalik arah setelah dibuka melemah. Investor menyambut positif fasilitas baru dari Bank Sentral Uni Eropa (ECB) yang diharapkan mampu meningkatkan pasokan likuiditas.


Indeks DAX (Jerman) menguat hampir 1%. Penguatan juga terjadi di CAC 40 (Prancis), FTSE 100 (Inggris), dan MIB (Italia), Hari ini, ECB mengumumkan fasilitas repo baru untuk menyediakan likuiditas euro kepada kepada bank sentral di luar Zona Euro. Fasilitas ini bisa membuat tekanan likuiditas berkurang.


Namun kebangkitan bursa saham Benua Biru relatif terbatas karena pelaku pasar terus memantau perkembangan penyebaran virus corona (Coronavirus Disease 2019/Covid-19). Per 24 Juni, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat jumlah pasien corona di Eropa adalah 2.581.602 orang, bertambah 18.960 orang dibandingkan posisi sehari sebelumnya. Eropa menjadi benua dengan jumlah kasus corona terbanyak di dunia setelah Amerika.


Selain itu, laporan terbaru dari Dana Moneter Internasional (IMF) juga membebani laju bursa saham Eropa. IMF memperkirakan ekonomi Zona Euro mengalami kontraksi (pertumbuhan negatif) -10,2%.


Pasar kembali menghadapi realitas yang berat. Banyak alasan bagi investor untuk merasa khawatir," ujar Damian Rooney, Senior Institutional Sales di Argonaut, kebangkitan bursa saham Eropa membuat indeks futures Wall Street ikut positif. Pada pukul 16:25 WIB, indeks futures Dow Jones Industrial Average (DJIA) naik 0,15%, S&P 500 bertambah 0,32%, dan Nasdaq 100 terangkat 0,71%. Ada harapan Wall Street bakal hijau setelah kemarin anjlok lebih dari 2% - RIFAN FINANCINDO


Sumber : cnbcindonesia.com

Featured Posts
Recent Posts
Search By Tags
Connect
  • Google+ Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Twitter Social Icon
bottom of page