top of page

PT Rifan Financindo - Resesi Singapura Makin Parah, RI Bisa Menyusul


PT RIFAN FINANCINDO BANDUNG - Hari ini, Singapura mengumumkan pembacaan kedua atas angka Produk Domestik Bruto (PDB) periode kuartal II-2020. Hasilnya, output ekonomi Negeri Singa malah semakin parah, kontraksi (pertumbuhan negatif) jadi kian dalam

.

Selama April-Juni 2020, PDB Singapura mengalami kontraksi -13,2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/YoY). Lebih parah dibandingkan pembacaan awal yaitu -12,6% YoY.


Ini membuat Singapura terjebak semakin dalam di jurang resesi. Pada kuartal I-2020, PDB Singapura mengkerut -0,3% YoY. Kontraksi ekonomi selama dua kuartal beruntun adalah definisi resesi.


Kontraksi ekonomi Singapura disebabkan oleh kebijakan pembatasan sosial (social distancing) untuk mencegah penyebaran virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19). Kalau di Indonesia kebijakan ini diberi nama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), maka di Singapura dikenal dengan Circuit Breaker (CB).


Pemerintah Singapura memberlakukan CB pada 7 April hingga 1 Juni. Hasilnya, sektor manufaktur mengalami kontraksi -0,7% YoY pada kuartal II-2020. Padahal pada kuartal sebelumnya sektor ini masih mencatatkan pertumbuhan 7,9% YoY.


Sektor usaha yang mengalami kontraksi paling dalam adalah konstruksi, yaitu mencapai -59,3% YoY. Jauh lebih dalam dibandingkan kuartal sebelumnya yaitu -1,2% YoY.


Ini karena hampir seluruh aktivitas konstruksi berhenti selama CB. Perusahaan konstruksu juga kekurangan orang karena upaya pencegahan penyebaran virus, termasuk di asrama pekerja migran, sebut keterangan tertulis Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura - PT RIFAN FINANCINDO


Sumber :

Featured Posts
Recent Posts
Search By Tags
Connect
  • Google+ Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Twitter Social Icon

KANTOR PUSAT

JAKARTA
AXA Tower Kuningan City Lt. 30

Jl. Prof. DR. Satrio Kav. 18

Kuningan Setia Budi, Jakarta 12940

Telp : (021) 30056300, Fax : (021) 30056200

Email : corporate@rifan-financindo-berjangka.co.id

Success! Message received.

  • Google+ Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Twitter Social Icon

© 2023 by Phil Steer . Proudly created with Wix.com

bottom of page