top of page

PT Rifan Financindo Berjangka - Manjur, Vaksin Covid-19 Ini Ciptakan Antibodi pada Hewan


RIFAN FINANCINDO BERJANGKA BANDUNG - Vaksin Covid-19 buatan Johnson & Johnson (J&J) berhasil menciptakan antibodi penawar pada sekelompok hamster emas Suriah. Selanjutkan vaksin ini akan dicobakan ke manusia.

Dalam uji coba, peneliti Johnson & Johnson menyuntikkan satu dosis vaksin Covid-19 ke hamster, empat minggu kemudian mereka memaparkan virus corona ke hamster. Hasilnya antibodi penawar tercipta di tubuh hamster.

Dalam penelitian itu diketahui hamster yang disuntik vaksin mengalami sedikit penurunan berat badan ketimbang hamster yang tak divaksinasi tetapi tidak mengalami penyakit klinis yang parah seperti pneumonia, atau kematian. Hasil penelitian ini telah diterbitkan di jurnal Nature Medicine.

Studi pra-klinis ini semakin memvalidasi kepercayaan kami pada kandidat vaksin SARS-CoV-2 kami," kata Chief Scientific Officer J&J Paul Stoffels seperti dikutip dari CNBC, Jumat (4/9/2020).

"Dengan uji coba Fase 3 yang rencananya mulai bulan ini, kami tetap berkomitmen untuk memperluas kemampuan produksi dan distribusi kami untuk memungkinkan akses global ke kandidat vaksin SARS-CoV-2 kami jika terbukti aman dan efektif pada manusia."

Hasil yang menjanjikan pada hamster tidak serta merta berarti vaksin akan memberikan tingkat perlindungan yang sama pada manusia. Tetapi para peneliti J&J mencatat temuan itu penting karena Covid-19 diketahui berkembang menjadi penyakit parah pada beberapa manusia.

J&J merencanakan uji coba vaksin Covid-19 ke 60.000 orang. Ini akan menjadi uji coba terbesar yang menguji vaksin virus corona - RIFAN FINANCINDO BERJANGKA

Sumber : cnbcindonesia.com

Featured Posts
Recent Posts
Search By Tags
Connect
  • Google+ Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Twitter Social Icon
bottom of page