top of page

PT Rifan - Investasi Dolar Australia di Oktober Boncos 3,35%



PT RIFAN BANDUNG - Nilai tukar dolar Australia merosot tajam melawan rupiah di Oktober, hingga menyentuh level terendah dalam lebih dari 3 bulan terakhir. Ekspektasi pemangkasan suku bunga oleh bank sentral Australia (Reserve Bank of Australia/RBA) menjadi penekan utama Mata Uang Negeri Kanguru ini.


Melansir data Refinitiv, dolar Australia merosot 3,35% ke Rp 10.272,01/AU$ sepanjang bulan Oktober. Level tersebut merupakan yang terlemah sejak 20 Juli lalu. Penurunan masih berlanjut pada hari ini, Seni, pukul 14:08 WIB dolar Australia melemah 0,19% ke Rp 10.252,7/AU$ di pasar spot.


rilis notula rapat kebijakan moneter RBA yang dihelat 6 Oktober lalu menunjukkan jika suku bunga akan kembali di pangkas pada bulan November. Tidak hanya memangkas suku bunga, RBA juga akan menggelontorkan miliaran dolar untuk memacu perekonomian.


Dalam notula tersebut, RBA melihat jika memangkas suku bunga saat ini akan memberikan dampak lebih besar ke perekonomian ketimbang saat pada bulan April dan Mei lalu


Hasil survei Reuters menunjukkan RBA diprediksi akan memangkas suku bunga acuan menjadi 0,1% dari saat ini 0,25% di bulan November.


Gubernur RBA, Philip Lowe, yang berbicara di acara konferensi investasi tahunan Citi Group Kamis pekan lalu mengatakan pelonggaran moneter lebih lanjut akan mendukung pasar tenaga kerja serta mengurangi tekanan dari penguatan dolar Australia.


Data terbaru yang dirilis oleh Biro Pusat Statistik menunjukkan tingkat pengangguran Australia naik menjadi 6,9% pada bulan September, dari bulan sebelumnya 6,8%. "Ketika pandemi berada di titik terburuk dan diperparah dengan pembatasan aktivitas, kami melihat dampak dari pelonggaran moneter tidak terlalu besar.


Saat ekonomi mulai dibuka, akan masuk akan untuk memperkirakan pelonggaran moneter lebih lanjut akan mendorong perekonomian berputar lebih cepat ketimbang sebelumnya.


Lowe juga mengatakan, suku bunga tidak akan dinaikkan setidaknya dalam 2 sampai 3 tahun ke depan.


RBA akan mengumumkan suku bunga Selasa (3/11/2020) besok, hasil survei Reuters menunjukkan RBA diprediksi akan memangkas suku bunga acuan menjadi 0,1% dari saat ini 0,25% di bulan November - PT RIFAN


Sumber : cnbcindonesia.com

Featured Posts
Recent Posts
Search By Tags
Connect
  • Google+ Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Twitter Social Icon
bottom of page